Langsung ke konten utama

Pekalongan Raih Predikat Kota Kreatif Dunia

29 Oktober 2009 lalu Batik telah diresmikan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco). Dalam peresmian itu, kini menjadi suatu kembanggaan tersendiri bagi kota yang mempunyai julukan 'Kota Batik' yaitu Pekalongan.

http://kotakreatifdunia.blogspot.com/
Pekalongan yang meraih predikat 'Kota Kreatif Dunia' kini sudah membuka Fakultas Teknologi Batik di Universitas Pekalongan (Unikal). Di jurusan Teknologi Batik tersebut, terdapat mahasiswa yang berasal dari Jepang dan Korea--saya tidak tahu tepatnya berapa--. Mahasiswa Mancanegara tersebut memilih Unikal dan masuk di jurusan teknologi batik ingin mempelajari kesenian budaya Indonesia. Sebagai pemilik kesenian tersebut merasa bangga bukan?  

http://radarpekalonganonline.com/
Tak hanya itu, Kota Pekalongan sebagai peraih predikat 'Kota Kreatif Dunia' memasang spanduk yang bertuliskan 'Pekalongan Kota Kreatif Dunia' disetiap sekolah di Pekalongan, baik itu TK, SD, MI, SMP, MTS, SMA, bahkan STM.

Memang, karya kreatif dari nenek moyang di Pekalongan adalah Batik. 
Batik bukan suatu karya seni murni saja, tetapi juga seni kriya. Artinya, selain dapat dinikmati keindahannya, batik juga mempunyai nilai pakai atau nilai guna.

Mulanya batik hanya diaplikasikan kebentuk seprei, taplak meja, baju, selendang, sapu tangan, dll. Tetapi sekarang perkembangan batik meningkat dengan mengaplikasikan pada sepatu dan tas dengan corak batik. Batik juga cocok untuk melengkapi desain interior sebagai furniture yang bergenre etnik. Bagi orang-orang yang suka dengan desain interior bergaya etnik bisa menggunakan furniture yang berseni batik.

Hal itu mampu membawa seni batik menembus kancah dunia dalam perkembangan industri kreatif yang saat ini dapat meningkatkan perekonomian negara.  

Batik merupakan karya seni dengan kedetailan yang rumit. Pada setiap gambar-gambar unik yang dihasilkan mempunyai ciri khas tersendiri dari setiap daerah. Contohnya, untuk batik-batik pesisir mempunyai warna yang berani. Mereka berani mengkombinasikan berbagai warna, mereka berani memadukan berbagai warna. Sedangkan batik alam menggunakan simbol, mereka lebih memilih makna simbolik. Untuk warnanya, mereka memilih warna-warna soft dengan kombinasi warna yang sedikit. Keunikan gambar yang dihasilkan oleh alat gambarnya, yaitu canting dan kreatifitas perajin untuk mengkombinasikan berbagai pola mampu menarik setiap mata penggila seni. Bukan dari Indonesia saja, tetapi orang-orang luar negeri juga menikmatinya.[]Prav 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coffee Time: Sebuah Rasa

Photo by, Prajna Farravita Kata apa yang tepat untuk menerjemahkan kompleksitas rasa? Bukan perasaan, tetapi rasa kopi. Bukankah keduanya juga berhubungan? Oh iya, memang keduanya berhubungan sangat erat. Pernah disinggung bahwa kopi perihal candu yang bikin rindu. Ya, rasa kopi memang mencandu dan merindukan. Merindukan pada momen tentunya. Rasa pada sebuah kopi tidak bisa terdeteksi tanpa ada perasaan. Perasaanlah yang mampu menerjemahkan rasa kopi. Terkadang perasaan juga mampu menerjemahkan rasa selain kopi. Rasa rindu. Bisa jadi rindu terhadap kenangan. Saat ini, yang kutahu hidupku berubah. Sebuah rasa yang dulu memang sudah berlalu, tetapi belum sepenuhnya hilang. Pada sebuah labirin itu aku berkutik mencari celah untuk keluar. Ya, aku memang bisa. Lalu, labirin itu kutinggalkan karena aku tidak mau menjadi konflik pada kebahagiaan orang yang pernah kusayangi. Sebuah rasa itu pertama kali kupunyai dan pertama kali pula membuatku kecewa. Aku jatuh sejatuh-jatuhnya tanp

Tidak Mempunyai Rencana Menetap di Satu Kota, Sewa Rumah Menjadi Pilihan

Anda seorang profesional muda? Pasti masih menginginkan pengembangkan kemampuan yang lebih tinggi lagi. Perpindahan dari satu kota ke kota lain kerap terbesit. Mencari pengalaman ke daerah lain memang cara terbaik agar mendapat apa yang diinginkan. Apalagi untuk seseorang yang harus berpindah ke luar negeri untuk melanjutkan studi atau bekerja. Perlu diketahui juga, bahwa berpindah dari satu kota ke kota lain atau dari satu negara ke negara lain bukan hanya mendapatkan pengalaman, tetapi menemukan beragam kehidupan lain. Apabila Anda mempunyai perencanaan seperti itu, lalu bagaimana Anda tinggal di daerah pilihan Anda? Tidak dipungkiri, setiap orang menginginkan tempat tinggal tetap untuk masa depan. Perencanaan tersebut merupakan salah satu nilai kemapanan dalam kehidupan mendatang. Namun, jika Anda seorang profesional muda dan tidak berencana menetap di suatu daerah serta menginginkan pengalaman yang terus baru, pasti tidak mempunyai perencanaan matang untuk investasi berupa ruma

Apa yang Harus Diperbaiki dari MJ Tas Branded Batam?

Sumber Gambar  s3.amazonaws.com Penggila belanja online ? Tentu saja menemukan toko online shop yang cocok dan mudah diselami menjadi salah satu keinginan tersendiri. Dalam pembuatan website online shop memang tidak mudah, memerlukan perencanaan yang matang dengan konsep yang menarik. Selain tampilan, toko online shop juga memerlukan produk-produk mumpuni, sehingga pengunjung dapat melihat bagaimana setiap detail produk yang terpampang. Hal ini didasari oleh foto produk yang menarik dan jelas membuat mata pengunjung ingin melihatnya lebih detail. Apalagi dengan jumlah produk yang tidak sedikit, tampilan pada sebuah katalog juga perlu menonjolkan setiap sisi produk. Seperti pada MJ tas branded Batam yang terus melakukan perbaikan dalam berbagai segi. Toko online shop peranannya penting dalam menciptakan kemenarikan bagi pelanggan. Tidak heran, setiap toko online shop terus melakukan inovasi, baik dari segi produk ataupun fasilitas belanja. Kualitas dan pembaruan produk te